MenpanRB Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo : SKB CPNS Bulan September, Lihat Kisi Kisinya

Posted on

Kisi Kisi Tes SKB 2019

Kisi Kisi SKB disusun berdasarkan kriteria berikut ini. Jabatan Fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional. Nantinya tes akan dilakukan menggunakan bank soal Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis nantinya menggunakan soal SKB sesuai dengan rumpun jabatan fungsional terkait.

Sedangkan pelaksanaan SKB di instansi pusat selain CAT bisa juga dilakukan dengan

  • Tes praktek kerja
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit dua jenis bentuk tes.
  • Tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan

Untuk jabatan yang bersifat sangat teknis/keahlian khusus misalnya Pranata Komputer, SKB dilaksanakan dalam bentuk tes praktek kerja.

Tjahjo Kumolo menegaskan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pelaksanaan SKB CPNS 2019 juga selalu berkoordinasi dengan BNPB Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” pada Rabu (8/7/2020) Menpanrb.

Tidak Ada Rekrutmen CPNS 2020

Tjahjo juga mengumumkan kepastian tidak ada seleksi rekrutmen CPNS (calon pegawai negeri sipil) untuk tahun 2020.

Alasan yang diungkapkan Tjahjo terkait peniadaan rekrutmen CPNS 2020 adalah pandemi Covid-19. Pelaksanaan SKB CPNS 2019 baru akan dilaksanakan September-Oktober. Jadi fokus pemerintah sekarang yaitu merampungkan seleksi yang telah berjalan.

Rencana penerimaan ASN (Aparatur Sipil Negara) akan diadakan di tahun 2021. Pemerintah masih melakukan verifikasi dan validasi usulan kebutuhan ASN untuk setiap instansi pemerintah.

Pemerintah memprioritaskan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah. Serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19.