Mengenal VIrus Covid

10 Tanda Virus Corona Bedanya apa dengan Flu Musiman?

Posted on

6. Masalah pencernaan.

Awalnya dokter belum memasukkan masalah pencernaan yang dialami oleh pasien Covid sebagai salah satu tanda tanda penyakit ini. Tetapi setelah diteliti ternyata lebih dari setengah sampel yang masuk baik yang sudah sembuh atau masih sakit mengalami masalah pencernaan juga.

7. Mata merah muda

Ditemukan sekitar 1% hingga 3% orang dengan COVID-19 juga menderita konjungtivitis, gejala ini disebut dengan gejala mata merah muda.

Mata merah muda ini kalau orang jawa mirip disebut dengan beleken. Kondisi dimana konjungtiva mengalami peradangan oleh virus disebut konjungtivis.

8. Tidak bisa mencium bau dan merasakan dengan baik makanan

Kehilangan bau dan rasa merupakan gejala paling awal untuk Covid 19. Gejala ini memang tidak biasa terjadi tetapi tetap ada pasien yang mengeluhkannya.

“Anosmia, khususnya, telah terlihat pada pasien yang akhirnya dites positif untuk virus korona tanpa gejala lain,” menurut American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery.

dikutip dari tirto.id

9. Kelelahan berlebih

Orang yang terkena Covid 19 akan merasakan kelelahan berlebih seperti yang dialami penderita diabetes yang juga mudah merasakan kelelahan.

Bahkan kondisi kelelahan ini akan lama pulihnya walaupun setelah dinyatakan sehat atau bebas dari covid 19.

10. Sakit Kepala, Sakit Tenggorokan Hidung Tersumbat

Menurut WHO dari 6000 kasus Covid 19 diantaranya terjadi 840 kasus yang mengalami sakit kepala dan sakit tenggorokan atau 14%. Sedangkan 300 orang atau 5% nya mengalami hidung tersumbat.

Memang sangat mirip dengan gejala flu, tetpai ini lebih berat dari flu pada umumnya.

Tips Pencegahan Virus Corona

Indonesia memberlakukan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Artinya seseorang dilarang melakukan kegiatan sosial untuk wilayah tertentu. Kegiatan sosial itu maksudnya adalah kegiatan berkerumun sesuai dengan aturan misalnya jangan menggunakan sepeda motor berboncengan. Pembatasan penumpang mobil dan lain sebagainya.

PSBB ini berbeda dengan lockdown. Kamu masih bisa melakukan kegiatan yang menghasilkan uang tetapi kamu dilarang melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah perpindahan Virus, dari satu orang ke orang yang lain.

Himbauan yang paling sering terdengar terkait virus Corona yaitu;

Cuci tangan jika bertemu orang baru atau menyentuh benda yang dicurigai berasal dari orang lain. Jangan menyentuh area wajah terutama hidung dan mulut ketika baru bertemu dengan orang lain.

Mari kita kenali gejala ini dan sebarkan kebaikan untuk orang banyak agar bala ini segera diangkat dari Indonesia.