Obat Tradisional Batuk Berdarah Di Apotik

Posted on

Batuk darah atau hemoptisis menjadi gejala yang sering dihadapi oleh sebagian masyarakat. Dalam tulisan ini, dr. Irandi Putra Pratomo, Ph.D., Sp.P(K), FAPSR, dan dr. Adetya Rahma Dinni, menjelaskan bahwa batuk darah merupakan usaha mekanis saluran napas untuk mengeluarkan darah yang berasal dari saluran napas bawah di dalam paru-paru. Warna darah yang dikeluarkan umumnya berupa merah segar atau merah muda. Dan perlu dibedakan dengan muntah darah (hematemesis) yang berasal dari saluran cerna dan memiliki warna merah kehitaman, bahkan bisa menyerupai warna kopi. Mari kita bahas Obat Tradisional Batuk Berdarah Di Apotik.

Menurut penulis, batuk darah merupakan gejala utama dari 10-15% dari seluruh penyakit paru. Fakta menunjukkan bahwa persentase perawatan rumah sakit akibat batuk darah mencapai 31-35%. Dengan pembagian berdasarkan jumlah darah yang dikeluarkan menjadi batuk darah non-masif (kurang dari 200 mL per hari) dan masif (minimal 200 mL per hari). Batuk darah masif diidentifikasi memiliki risiko kematian yang tinggi sekitar 30%. Karena dapat menyebabkan penyumbatan saluran napas oleh cairan dan bekuan darah.

Penyebab batuk darah di Indonesia, melibatkan beberapa faktor seperti tuberkulosis, infeksi jamur di paru (mikosis), tumor paru, dan gagal jantung. Batuk darah juga dapat disertai dengan gejala lain, termasuk nyeri dada, demam, sesak napas, dan penurunan berat badan. Untuk mendiagnosis penyebab batuk darah. Disarankan melakukan pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan radiologis dada (seperti foto toraks dan CT-scan dada), dan pemeriksaan dahak. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi sistem darah, lokasi kelainan, perlukaan, serta penyakit dasar yang menjadi pemicu batuk darah. Dengan demikian, penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Penyebab Batuk Berdarah dan Gejala Umumnya

Batuk berdarah adalah kondisi medis yang bisa menjadi tanda adanya masalah serius di saluran pernapasan. Kondisi ini bisa berbahaya, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Artikel ini mencantumkan beberapa penyebab umum batuk berdarah:

  1. Tuberkulosis (TB):
    Tuberkulosis adalah salah satu penyebab utama batuk berdarah di Indonesia. Infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis adalah penyebab utama TB. Gejala TB meliputi batuk kronis yang disertai darah ketika kondisinya memburuk, penurunan berat badan, serta keringat atau demam di malam hari.
  2. Bronkitis:
    Bronkitis adalah peradangan di saluran udara yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Batuk akut yang berlangsung 2-3 minggu adalah gejala bronkitis. Jika batuk berlanjut lebih dari tiga bulan, dapat dikategorikan sebagai bronkitis kronis. Batuk yang kuat dapat melukai saluran pernapasan dan menyebabkan pembuluh darah halus pecah, menyebabkan darah bercampur saat batuk.
  3. Pneumonia:
    Pneumonia adalah peradangan pada kantung alveoli di paru-paru akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur. Ini membuat paru-paru menjadi lebih sensitif dan permukaan alveolus menjadi lebih renggang, yang bisa memicu batuk berdahak bercampur darah.
  4. Kanker Paru-Paru:
    Kanker paru-paru adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan batuk berdarah. Ini terjadi ketika sel-sel di jaringan paru berkembang dengan cepat tak terkendali dan berpotensi menjadi kanker.
  5. Edema Paru-Paru:
    Edema paru-paru terjadi ketika cairan menumpuk di dalam alveolus paru-paru. Ini biasanya terjadi pada penderita gagal jantung atau gagal ginjal. Peningkatan cairan menyebabkan darah merembes ke saluran napas, yang bisa menghasilkan batuk berdarah.

Penting untuk diingat bahwa batuk berdarah bukanlah gejala yang boleh diabaikan. Jika Anda mengalami batuk berdarah atau memiliki gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan tenaga medis atau dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Kesehatan pernapasan yang baik sangat penting untuk menjaga kualitas hidup yang optimal.

Obat Tradisional Batuk Berdarah Di Apotik Dengan Obat Herbal

Verdilla Bharata adalah obat herbal yang terbuat dari Andrographis Paniculata herba. Produk ini tersedia dalam kemasan box atau botol, masing-masing berisi 60 kapsul. Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan Verdilla Bharata adalah 2 kapsul, diminum 3 kali sehari.

Salah satu keunggulan utama Verdilla Bharata adalah berbagai khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari obat herbal ini:

  1. Mengatasi Masalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut): Verdilla Bharata dapat membantu meredakan gejala ISPA, seperti pilek, batuk, dan sesak napas, sehingga mempercepat pemulihan.
  2. Mengurangi Peradangan: Herba Andrographis Paniculata dalam Verdilla Bharata memiliki sifat antiinflamasi, yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  3. Membantu Mengobati Radang Usus: Verdilla Bharata dapat membantu mengatasi masalah radang usus, seperti colitis ulcerativa, dengan mengurangi peradangan dan gejala terkait.
  4. Meningkatkan Imunitas Tubuh: Konsumsi rutin Verdilla Bharata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.
  5. Berpotensi Mencegah Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa herba Andrographis Paniculata dapat memiliki sifat antikanker yang potensial, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.
  6. Membantu Meredakan Demam: Verdilla Bharata dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat mengalami demam, membantu meningkatkan kenyamanan.
  7. Menurunkan Tekanan Darah: Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Verdilla Bharata dapat membantu menurunkan tekanan darah, bermanfaat bagi individu dengan tekanan darah tinggi.
  8. Melindungi Kesehatan Hati: Konsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan hati dan mengurangi risiko penyakit hati.
  9. Mengandung Asam Lemak Esensial: Verdilla Bharata mengandung asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.
  10. Mengobati Diabetes: Herba Andrographis Paniculata juga telah digunakan dalam pengobatan diabetes, membantu mengontrol kadar gula darah.
  11. Mengobati Batuk Berdarah: Obat herbal ini dapat membantu meredakan batuk berdarah dan kondisi pernapasan lainnya.

Follow Kami di Tiktok dan Youtube ya : Klik link ini >>> linktr.ee/benyimron