Qodo Puasa Ramadhan

Qodo Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Posted on

Alhamdulillaah Ramadhan tinggal 12 hari lagi. Sampean masih punya hutang puasa mas??
.
Kebangetan mas. Saya jadi penasaran, menu sarapan dan makan siang sampean itu apa sih mas kok berat amat ninggalin sarapan?? Saya yang sarapannya pecel bungkus saja gak berat amat ninggalin sarapan. Heheh…
.
Inget ya, kalo sampe datang ramadhan belum juga diqodho, nanti setelah lebaran ada bunganya lho (fidyah). Satu mud bahan makan ( ± 7 ons beras) per hari. Misal nih hutang puasa 10 hari, nanti setelah lebaran jadi 10 hari puasa plus 10×7 ons = 7kg beras. Kalau sampe tahun depan belum juga diqodho jadinya 10 hari plus 14 kg. Dulu waktu usia 20 tahun pernah bolong puasa 2 hari sekarang usia 30 baru pengin taubat, jadi berapa yg harus diqodho? (Jawab di kolom komen anggap aja Soal UAMBN fiqih)
.

Hukum Memperingati Hari Ibu menurut Islam


Ketentuan bunga berlaku juga bagi Bumilsui (ibu hamil dan menyusui) yang meninggalkan puasa demi bayinya, padahal sebenarnya si ibu masih kuat. Jadi bumilsui yg ramadhan nanti tidak puasa demi bayi, setelah lebaran qodhonya ditambah dengan fidyah. Beda dengan bumilsui yg memang dirinya sendiri tidak kuat puasa maka tidak berlaku fidyah baginya.
.
Ketentuan bunga tidak berlaku bagi orang yg tidak puasa karena sakit (sakit biasa yg masih ada harapan sembuh), tapi belum pernah sehat sampai datang ramadhan berikutnya. Maka tidak ada bunga. Jika sampai datang ajal belum pernah sehat maka puasanya dibebaskan. Tidak wajib qodho tidak wajib fidyah.
.
Berbeda dengan orang sakit yang sudah pernah sehat setelah lebaran, tapi belum sempat qodho, maka ahli waris wajib membayarkan fidyah satu mud per hari dari puasa yg terhutang. Boleh juga ahli waris mengqodho atas nama mayit.
.
Kasih contoh biar jelas. Mas Dalbo sakit selama ramadhan tidak puasa sama sekali. Jadi hutangnya 30. Setelah lebaran ia masih sakit kecuali satu minggu pernah sehat. Habis itu meninggal. Maka puasa mas Dalbo yang tujuh hari wajib dibayar fidyahnya oleh ahli waris karena pernah sehat satu minggu. Sisanya 23 hari dibebaskan.
.
Tulisan ini adalah tulisan dari Gus Najih @najih.abdilhameed