6 Cara Merawat Baterai HP Baru agar Awet (No. 5 Sering

Posted on

Kalau Rilis HP paling anyar, baterai HP biasanya sudah dibekali. Kalau ditemukan masalah atau kekuatan baterai kendor, user bisa dengan mudah mencopot baterai atau mengganti sendiri .


6 Cara Merawat Baterai HP Baru agar Awet (No. 5 Sering

Namun searah dengan teknologi dan kepraktisan, sekarang hp keluaran paling anyar, hadir dengan baterai tanam. Asyiknya baterai tanam (Non Removable) membuat body hp canggih jadi slim sehingga look lebih baik. Agar Non Removable panjang umur serta telepon genggam kuat, berikut poin penting yang harus diperhatikan.

Inilah poin penting cara merawat baterai ponsel non removable supaya tidak mudah melembung.

Gunakan charger asli atau orisinal

Saat terkait dengan charger maka poin penting yang perlu diperhatikan adalah tegangan listrik yang harus stabil dan sesuai dengan voltase, gunakan charger bawaan setiap saat isi daya baterai. Charger asli sudah ditentukan oleh pembuat supaya dapat mengecas baterai dengan efektif. Kalau terpaksa memakai charger yang bukan buatan pabrik, pastikan tegangan yang dibutuhkan oleh telepon genggam sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh baterai.

Cek suhu baterai hp pintar
Suhu yang dibutuhkan gadget adalah suhu kamar, yaitu 18-35 derajat celcius. Kalau terlalu rendah, baterai {terkena efek|akan mengalami penurunan keawetan. Sebaliknya, baterai yang menjadi panas dapat mengikis komponen yang berdekatan di hp pintar.Untuk itu, pastikan untuk menyimpan dan memakai hp canggih di lokasi yang sedang. Jangan membiarkannya di posisi bersuhu tinggi misalnya di atas mesin mesin yang menyala supaya temperaturnya tidak meninggi. Beri waktu istirahat hp pintar dan jangan sampai memakainya tanpa henti hingga overheat.

Cek pengisian daya berlebihan
Meskipun hp pintar jaman sekarang mempunyai fitur untuk memotong daya jika telah mencapai 100%, namun tidak ada salahnya jangan terlalu lama membiarkan hp canggih dalam keadaan dicas terlalu lama. Tak hanya karena dapat menyebabkan baterai rusak, bahkan sering terjadi kasus, baterai bisa meledak.

Hindari menggunakan hp saat mengisi baterai
Tak hanya itu untuk menyayangi baterai non removable perlu diingat bila hp dalam posisi dicas, jangan gunakan untuk untuk game, memutar musik, menerima panggilan atau memakainya untuk kegiatan yang lain. Usahakan untuk memberikan pengaturan ponsel dalam posisi mode terbang atau sebaiknya dinonaktifkan saja. Dengan begitu, baterai tidak cepat panas.

Batasi Pemakaian WiFi dan GPS
Jika sedang tidak memakai internet, cobalah matikan WiFi atau data selular pada hp. Membiarkan WiFi atau data selular tetap aktif, akan membuat hp aktif secara terus-menerus dan membuat kemampuan baterai. Penggunaan GPS berpengaruh banget baterai hp canggih kehabisan daya. Terlebih jika menghidupkan GPS aktif terus-menerus tanpa dipakai. Memang baiknya GPS hidup, hanya ketika sedang diperlukan saja.

Kurangi bermain game
Jika Anda termasuk orang yang suka bermain Mobile Game, disarankan untuk mengurangi durasi waktu permainan maksimal 2 jam sehari. Operasi mobile game menggunakan hampir seluruh kemampuan gadget Anda. Oleh karena itu, saat bermain game baterai akan lebih cepat panas. Dengan memberikan jeda saat main game atau membatasi durasinya, temperatur ponsel Anda akan lebih stabil.

Usahakan Untuk Mengisi Full
Disarankan untuk mengisi penuh baterai dan dicas dengan kondisi mati. Karena posisi terdesak seringnya user hp canggih kerap copot pengisian ketika baterai belum penuh, ini membuat baterai cepat rusak.

Matikan hp beberapa jam setiap hari
Banyak orang membiarkan ponselnya menyala, bahkan ketika malam hari dalam posisi tidur. Hindari biarkan kebiasaan ini berlangsung, karena menjadikan akan cepat aus. Harusnya dinonaktifkan telepon genggam saat akan pergi tidur, agar baterainya lebih awet.

Isi full baterai jika tidak digunakan dalam waktu lama
Jika hp pintar tidak dibutuhkan dalam waktu lama, disarankan untuk mengisi full baterai dan dalam kondisi dinonaktifkan. Dengan begitu, baterai gadget akan selalu ok digunakan dan lebih tahan lama kalau suatu waktu dibutuhkan. Lakukan pengisian daya minimal setiap 2 sampai 3 minggu sekali, dengan begitu baterai hp tidak akan cepat rusak.