Modern technology gives us many things.

Modul Jarak Jauh Siap Diterbitkan Kemendikbud

Modul Jarak Jauh untuk pembelajaran siswa daring siap diluncurkan. Hamid Muhammad Pelaksana tugas Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hamid menjelaskan sedang mempersiapkan pembelajaran untuk pembelajaran daring jarak jauh. Pembelajaran daring jarak jauh (PPJ) semakin gencar dikumandangkan di tengah pandemi Covid-19.

Dikutip dari Antara Hamid mengatakan, timnya sedang mempersiapkan modul untuk belajar siswa mandiri di rumah. Jumat (11/07/2020), “Kami menyiapkan modul pembelajaran yang bisa dipakai siswa untuk belajar secara mandiri di rumah, terutama untuk siswa yang daerahnya tidak terjangkau jaringan internet” kata Hamid.

Baca juga: Rangkap Jabatan di BUMN Masih Ditemukan Seperti Politik Dagang Sapi

Modul daring yang dibuat Kemendikbud bertujuan memudahkan siswa belajar. Materi yang diberikan lebih ringkas dan mudah. Untuk mendukung modul tersebut juga dibuatkan video pembelajaran. Harapannya tentu siswa bisa belajar mandiri. Baik melalui media seperti video dan modul pembelajaran.

Kemendikbud juga membuat penyesuaian kompetensi dasar. Kompetensi dasar disesuaikan agar siswa tidak bosan belajar di rumah. Kemendikbud juga memahami agar pembelajaran tidak memberatkan siswa.

Sebagai contoh, modul kelas III yang asalnya 26 KD. Kemudian diintegrasikan menjadi 16 KD saja. Kompetensi dasar ini disesuaikan dan diintegrasikan dengan kompetensi dasar yang lain sehingga lebih ringkas.

Baca juga: Cara Mendaftar Simulasi CAT BKN Untuk Latihan SKD Gratis

PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) yang dikembangkan oleh Kemendikbud akan diterapkan secara permanen. Kemendikbud juga menemukan hanya 20 persen guru yang melakukan adaptasi di tengah pandemi. 80 persen guru tidak melakukan adaptasi KD ketika melakukan PJJ dengan peserta didik.

Demi terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang lebih baik, Kemendikbud juga menyiapkan pelatihan untuk guru. Pelatihan terkait PJJ untuk guru juga terkendala infrastruktur. Masih ada 60 persen guru yang tidak terjangkau infrastruktur terkait PJJ. Nantinya guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan PJJ dengan perangkat digital.

Hamid berharap pelaksanaan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) pada tahun ajaran baru akan berjalan lebih baik. Harapan ini disampaikan mengingat hasil survey tentang PJJ yang dilakukan masih rendah. Menyikapi hal ini diharapkan PJJ ke depan akan lebih baik.

Pemerintah mengizinkan sekolah bisa dibuka tahun ajaran baru. Dengan ketentuan berada di zona hijau. Sedangkan zona merah, kuning atau oranye pembelajaran dilanjutkan secara daring.

Kemendikbud siapkan modul pembelajaran untuk pendidikan jarak jauh https://sumsel.antaranews.com/nasional/berita/1603570/kemendikbud-siapkan-modul-pembelajaran-untuk-pendidikan-jarak-jauh?utm_source=antaranews&utm_medium=nasional&utm_campaign=antaranews

Comments are closed.