Modern technology gives us many things.

Mengenal Daun Pegagan Untuk Obat Stroke Herbal

Daun pegagan adalah tanaman liar. Memiliki khasiat yang istimewa untuk mengobati stroke. Cara pengobatan menggunakan daun pegagan harus dengan dosis yang tepat. Tanpa penelitian dan cara yang tepat nanti malah bisa jadi komplikasi. Obat stroke baik herbal maupun resep dokter melewati tahap pengujian yang ketat.

Daun Pegagan mempunyai nama ilmiah Centella Asiatica. Tanaman ini biasa tumbuh di Indonesia. Tumbuh di alam liar. Terlihat seperti rumput biasa. Beberapa negara yang biasa tumbuh pegagan diantaranya Jepang, India dan Tiongkok.

Ciri khas tanaman pegagan ini yaitu memiliki daun kecil. Biasa ditemukan di tempat yang agak basah. Misalnya pinggir sungai atau pinggir kebun. Daun pegagan sudah digunakan sebagai obat herbal oleh nenek moyang kita. Memiliki khasiat luar biasa, daun pegagan mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Stroke dibedakan menjadi dua. Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik. Stroke Iskemik biasanya terjadi penyumbatan pada pembuluh darah di otak. Sehingga pasokan oksigen dan nutrisi ke otak berkurang. Sedangkan stroke hemoragik lebih mudah dipahami dengan pecahnya saluran pembuluh darah di otak. Stroke biasanya membuat kondisi seseorang menjadi tidak bisa bergerak dengan baik. Jika yang rusak bagian saraf sensorik maka bagian tersebut akan terasa kaku.

Daun Pegagan menarik perhatian ahli untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian panjang untuk memaksimalkan khasiat daun pegagan. Daun ini dianggap mampu mengatasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan penyumbatan darah. Termasuk untuk obat stroke dan obat jantung koroner.

Penyumbatan pada darah akibat kolesterol yang menumpuk bisa diatasi dengan daun pegagan. Tentunya dengan resep dan takaran yang tepat. Setelah membaca artikel ini diharapkan anda tidak asal geprek daun pegagan untuk dibuat pengobatan herbal.

Manfaat Daun Pegagan

Herbalist tentu tidak heran dengan daun pegagan. Daun yang sudah meroket namanya sejak lama. Daun pegagan biasa dikonsumsi untuk lalapan. Daun ini dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak. Daun ini mampu mengarahkan orang lebih fokus. Meningkatnya konsentrasi akan berpengaruh pada meningkatnya daya ingat.

Kandungan zat omega sebagai salah satu nutrisi otak yang baik. Zat omega ini banyak terkandung pada daun pegagan. Jadi memang daun pegagan dapat menstimulasi kerja otak dan sangat baik untuk penderita stroke.

Melancarkan Pembuluh darah yang Tersumbat

Kandungan Triterpenes pada daun pegagan menjadi salah satu zat anti radang. Triterpenes dipercaya berguna meningkatkan antioksidan. Bagi seorang yang menderita luka, daun pegagan sangat membantu mempercepat proses kesembuhan. Bagi penderita stroke dan saraf kejepit, insufisiensi vena dan varises daun pegagan mampu melancarkan aliran darah. Mulai dari gejala ringan sampai gejala paling berat. Gejala ringan yang bisa dialami yaitu kesemutan, kaku kebas, berat, nyeri bahkan bengkak.

Penampakan Stroke
ilustrasi stroke

Mempercepat penyembuhan luka

Luka lama, luka berat baik untuk normal maupun penderita diabetes bisa dibantu dengan daun pegagan. Daun ini telah digunakan berabad-abad untuk penyembuh luka. Kandungan triterpenes seperti disebutkan di atas mengandung asiaticoside. Penelitian membuktikan asiaticoside sangat efektif menyembuhkan luka. Daun pegagan ini juga bisa dibuat menjadi salep. Salep biasa dipakai untuk obat luka luar. Termasuk luka bakar dan luka diabetes.

Daun pegagan juga mampu menghambat infeksi pada luka. Infeksi merupakan mesin pembunuh yang sangat kejam untuk manusia. Banyak orang meninggal karena menyepelekan infeksi. Infeksi bermula dari luka kecil bernanah. Jika dibiarkan akan bisa berakibat lebih parah misalnya tetanus. Kandungan daun pegagan untuk menghambat infeksi yaitu zat antibakteri.

Comments are closed.