Modern technology gives us many things.

Lakukan ini Kalau Nasi Cepet Basi Di Rice Cooker

Pernah ngga mengalami mau sahur, tetapi ternyata nasi di mejikom atau magic jar sudah tidak segar. Penyebabnya apa sih? Pasti pernah dong. Padahal kamu sudah mempersiapkannya dengan baik untuk dimakan malam itu juga. Pasti rasanya sesuatu banget bukan? Nah kalau kamu pernah mengalami hal ini mari lakukan langkah berikut ini agar nasi di Mejikom tidak cepat basi/ busuk.

Pertama kamu share artikel ini terlebih dahulu ke media sosial biar inget suatu saat nanti ya.

Penyebab nasi di Mejikom cepet busuk itu apa ya?

Penyebab nasi cepat busuk di mejikom atau magic jar atau penanak nasi yaitu kandungan air yang tinggi. Walaupun sudah ada lubang untuk membuang nasi, ternyata kandungan air dalam nasi masih cukup tinggi lho. Air ini terperangkap dan tidak bisa keluar begitu saja dari nasi. Akibatnya kalau didiamkan dalam waktu lama (lebih dari 2 jam) maka nasi otomatis busuk karena air. Dan kamu lihat busuknya seperti berair gitu kan? Yaiya dong.

Bagaimana sih caranya biar nasi di Rice Cooker tidak cepat basi?

Waktu kamu kecil pernah ngga kamu disuruh ibu untuk mengaduk nasi yang baru mateng? Ya pernah lah gua kan anak sholeh. Kata emak kalau ngga diaduk nasinya cepet basi. Itu kata emak lho? Bener ngga sih.

Ternyata apa yang dikatakan emak ini benar lho. Menurut Professor Mikrajuddin Abdullah Guru Besar ITB. Setelah nasinya matang, ternyata ada air yang terperangkap di tengah tengah nasi. Memang sih airnya nanti keluar lewat proses difusi atau penguapan. Tetapi proses penguapan ini akan lama. Sudah mulai kebayang ya?

Lanjut.

Kalau nasi nasi ngga diaduk maka air yang terjebak di tengah nasi yang masih panas ini akan tetap berada di tengah nasi. Nah air yang tidak bisa keluar ini bisa menyebabkan nasi lebih cepat basi.

Apa yang terjadi kalau nasi setelah mateng diaduk?

Ternyata setelah matang, air yang berbentuk uap yang terjebak di tengah nasi ini akan lebih mudah keluar. Karena ketika kamu mengaduk nasi, maka otomatis ada ruang yang membantu proses penguapan agar airnya bisa keluar.

Nasi akan lebih awet dan tidak mudah basi. Sampai sini paham kan?

Jadi walaupun males jangan lupa diaduk nasinya setelah matang ya gaes. Biar ketika kamu mau sahur kamu masih bisa makan nasi yang enak.

Selain itu apa ya penyebabnya klik Next

Comments are closed.