Ikan hidup dalam tanah
flick, penampakan tameng ikan hidup dalam tanah

Ikan inikah Yang Menjadi Saksi Perjalanan Musa menemui Khidr Alaihimassalam

Posted on

Sebuah kisah unik perjalanan Nabi Musa Alaihis salam yang harus menempuh perjalanan yang sangat melelahkan. Perjalanan untuk menemui seorang hamba terpilih yang dikenal dengan nama Khidr Alaihis salam. Perjalanan mereka berdua diabadikan di dalam Al Quran. Banyak kisah yang mewarnai perjalanan Nabi Musa untuk menemukan khidr. Diantaranya yaitu menggunakan ikan. Ikan ini disebutkan di dalam Al Quran surah al Kahfi.

Baru baru ini netizen dihebohkan dengan penemuan ikan aneh yang bisa hidup di dalam tanah bertahun tahun tanpa makan. Ikan ini lalu dihubungkan dengan ikan yang menjadi saksi pertemuan antara Khidr dan Musa Alaihimassalam.

Mampu bertahan tanpa 5 Tahun Tanpa Makan

Ya dikenal sebagai African Lungfish ikan ajaib ini bisa hidup di kondisi cuaca yang sangat ekstrem dan kering. Ikan yang hidup di dalam tanah ini seperti ikan yang mati saat pertama kali ditemukan. Tetapi sebernarnya ikan ini hidup. Dia sedang menunggu air datang. Metabolisme tubuh yang sangat ajaib dari ikan ini yaitu memiliki paru paru seperti manusia, dan bisa mengatur metabolisme tubuhnya menjadi lebih lambat sehingga bisa menghemat energi.

Diantara hewan yang terkenal bisa melambatkan metabolisme tubuh yaitu beruang kutub yang bisa tidur berbulan bulan. Ikan Lungfish ini juga bisa melambatkan metabolisme tubuh untuk bertahan hidup. Mari kita simak video ini terlebih dahulu.
Ikan ini memiliki nama latin Protopterus. Dia akan mencari celah untuk hidup saat sungai mulai mengering. Ikan ini akan menggali ke dalam tanah. Setelah itu ikan ini lalu membuat tameng yang melindungi tubuhnya. Tameng ini dibuat menggunakan cairan khusus yang diproduksi oleh ikan ini. Tameng berbentuk gumpalan ini sangat berguna untuk ikan ajaib ini.

Bisa bernapas menggunakan paru paru dan melambatkan aktivitas Biologis

Kecanggihan ikan ini juga terdapat pada paru paru. Ikan pada umumnya bernapas menggunakan insang. Tetapi berbeda dengan Protopterus yang bisa bernapas menggunakan paru paru. Kemampuan ini mirip dengan kemampuan mamalia yang biasa bernapas menggunakan paru paru.

Selain itu ikan ini juga bisa melambatkan detak jantung. Akibatnya aktivitas biologis akan sangat hemat energi. Dengan kemampuan inilah ikan Protopterus bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum di dalam tanah selama bertahun tahun.

One thought on “Ikan inikah Yang Menjadi Saksi Perjalanan Musa menemui Khidr Alaihimassalam

Comments are closed.