Modern technology gives us many things.

Hukum Memperingati Hari Ibu Menurut Islam

Simak pendapat ulama tentang hari Ibu. Bolehkan diadakan?

Syekh Yusuf al-Qaradhawi, peringatan Hari Ibu bukanlah termasuk perkara yang haram.

Sesuatu akan dianggap haram jika ada teks yang melarang. Dan dalam hal ini melihat asal usul dan penetapan yang sah menurut tradisi adalah boleh. Sama seperti kamu memperingati hari kemerdekaan.

Dan salah satu ulama yang melarang Pelaksanaan hari ibu adalah
Syekh Mutawalli as-Sya’rawi beliau melihat pelaksanaan hari ibu adalah pelaksanaan yang meniru budaya barat. Dan pemandangan yang terjadi di barat adalah banyak ibu yang ditelantarkan oleh anaknya. Jadi anak tidak berbakti kepada orang tua karena adanya hari ibu, itulah hal yang dikhawatirkan oleh Syekh Mutawalli As Sya’rawi.

Memang disebutkan dalam wikipedia peringatan hari ibu di Dunia berbeda dengan yang ada di Indonesia. Misalnya di Australia, Jepang dan lain sebagainya peringatan hari ibu dilaksanakan pada hari Minggu pekan ke-2 pada bulan Mei.

Sedangkan untuk wilayah Timur Tengah dan Eropa, dilaksanakan setiap tanggal 8 Maret.

Nah untuk Indonesia sendiri memang sudah ditetapkan ya tujuan peringatan hari ibu adalah untuk mengenang jasa Ibu yang telah berjuang untuk anak anaknya. Sudah mempunyai dasar hukum jadi boleh dilaksanakan oleh negara.

Perlu ditekankan kembali bahwa peringatan hari ibu bukan berarti selama satu tahun penuh kamu hanya mencintai ibu pada hari ibu tersebut.

Lembaga Fatwa Mesir (Dar al-Ifta’) menegaskan merayakan Hari Ibu boleh hukumnya boleh dan tidak dilarang dalam syariat.

Seorang anak tidak harus menunggu hari Ibu untuk menyayangi ibunya. Setiap hari seorang anak boleh menghormati, menyayangi dan mendoakan ibunya. Tetapi tidak ada salahnya pada momen hari Ibu seorang anak melakukan perbuatan yang istimewa untuk ibunya. Semua itu sah sah saja dilakukan.

Membuat momen membahagiakan untuk seorang ibu tidak harus dilakukan pada hari Ibu saja, tetapi setiap hari seorang anak bisa membuat kebahagiaan untuk ibu. Terlebih pada hari Ibu, karena negara saja menghargai ibu, seharusnya anak lebih menghargai ibu. Karena kalau bukan anak yang menghargai ibu siapa lagi yang akan melakukannya?

Kesimpulan. Peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah untuk tasyabbuh dengan negara lain, karena peringatan hari ibu di Indonesia dilakukan untuk mengenang perjuangan seorang ibu untuk memperjuangkan nasib anaknya agar bisa mendapatkan pendidikan.

Comments are closed.