Hukum Makan Ular Piton Cobra Menurut Islam

Posted on

Ular merupakan salah satu hewan berdarah dingin. Hewan melata ini memiliki bentuk tubuh yang unik. Apakah ada perbedaan antara belut dan ular? Lalu apakah hukum makan ular piton dan cobra dalam Islam.

Ular Piton merupakan nama lain dari Sanca. Nama piton diambil dari Pythonidae atau hewan pembelit. Ular ini membunuh dengan membelit sebelum memakan korbannya. Termasuk bisa memakan manusia. Tapi ular yang terdengar menyeramkan juga ternyata terancam, karena banyak juga yang mengkonsumsi ular jenis Sanca / Piton.

Sanca menggunakan giginya yang tajam, melengkung ke belakang, sebanyak empat baris di rahang atas, lalu ada dua di bawah. Fungsi gigi ini yaitu mendorong makanan masuk ke dalam. Selain itu juga untuk menangkap mangsa yang kemudian dibunuh dengan lilitan. Ular Sanca tidak akan memakan korbannya jika masih ada tanda kehidupan. Setelah dipastikan korban meninggal baru akan di telan.

Ular piton juga sering kali diternak untuk dijual. Karena hewan ini bergerak dengan lambat. Sehingga manusia bisa bermain main. Dengan catatan tidak dalam kondisi ular yang lapar.

Hukum memakan ular piton dan ular Cobra / daging Cobra yaitu haram. Artinya tidak diperbolehkan oleh agama. Karena dalam agama Islam makanan adalah salah satu hal yang diatur dan dipertimbangkan.

Penjelasan selengkapnya bisa dilihat pada Penjelasan Buya Yahya berikut ini.

Hukum Makan Ular Piton Menurut Buya Yahya

Semua jenis ular termasuk salah satu hewan yang diharamkan untuk dimakan. Hal ini bisa ditemukan pada Syarah Al Mahalli.

(وَمَا يَعِيشُ فِي بَرٍّ وَبَحْرٍ كَضُفْدَعٍ) بِكَسْرِ أَوَّلِهِ وَثَالِثِهِ (وَسَرَطَانٍ وَحَيَّةٍ) وَعَقْرَبٍ وَسُلَحْفَاةٍ بِضَمِّ السِّينِ وَفَتْحِ اللَّامِ وَتِمْسَاحٍ (حَرَامٌ)، وَفِي الْأَوَّلَيْنِ قَوْلٌ وَالْآخَرَيْنِ وَجْهٌ بِالْحِلِّ كَالسَّمَكِ وَالْحُرْمَةُ فِي الْأَرْبَعَةِ لِلِاسْتِخْبَاثِ وَفِي الْحَيَّةِ وَالْعَقْرَبِ لِلسُّمِّيَّةِ.   شرح المحلي

Pemakain daging ular untuk pengobatan harus dipastikan khasiatnya terlebih dahulu. Tidak berdasarkan kata orang saja. Sebaiknya menggunakan penelitian yang lebih lengkap seperti penjelasan berikut ini. Harus dipastikan juga setelah memakan daging tersebut tidak terkena efek samping yang lain misalnya mabuk / kejang atau yang lain.

(قَوْلُهُ كَصَرْفِ بَقِيَّةِ النَّجَاسَاتِ) كَلَحْمِ حَيَّةٍ وَبَوْلٍ وَلَوْ كَانَ التَّدَاوِي بِذَلِكَ لِتَعْجِيلِ شِفَاءٍ مُغْنِي وَرَوْضٌ مَعَ شَرْحِهِ (قَوْلُهُ إنْ عُرِفَ) أَيْ بِالطِّبِّ وَلَوْ فَاسِقًا ا هـ ع ش عِبَارَةُ الْمُغْنِي وَالرَّوْضِ بِشَرْطِ إخْبَارِ طَبِيبٍ مُسْلِمٍ عَدْلٍ بِذَلِكَ أَوْ مَعْرِفَتِهِ لِلتَّدَاوِي بِهِ ا هـ   تحفة المحتاج ج

وَيَجُوزُ التَّدَاوِي بِنَجَسٍ) غَيْرِ مُسْكِرٍ (كَلَحْمِ حَيَّةٍ وَبَوْلٍ وَمَعْجُونِ خَمْرٍ) كَمَا مَرَّ فِي الْأَطْعِمَةِ (وَلَوْ) كَانَ التَّدَاوِي (لِتَعْجِيلِ شِفَاءٍ) كَمَا يَكُونُ لِرَجَائِهِ, فَإِنَّهُ يَجُوزُ (بِشَرْطِ إخْبَارِ طَبِيبٍ مُسْلِمٍ) عَدْلٍ بِذَلِكَ (أَوْ مَعْرِفَةِ الْمُتَدَاوِي) بِهِ إنْ عُرِفَ (وَ) بِشَرْطِ (عَدَمِ مَا يَقُومُ بِهِ مَقَامَهُ) مِمَّا يَحْصُلُ بِهِ التَّدَاوِي مِنْ الطَّاهِرَاتِ (, وَالْمَعْذُورُ) فِي شُرْبِ الْمُسْكِرِ بِشَيْءٍ (مَنْ جَهْلِ التَّحْرِيمَ) لَهُ (لِقُرْبِ عَهْدٍ) مِنْهُ بِالْإِسْلَامِ (وَنَحْوِهِ) كَنَشْئِهِ بَعِيدًا عَنْ الْعُلَمَاءِ (أَوْ) مَنْ (جَهِلِ كَوْنَهُ خَمْرًا لَا يُحَدُّ) لِعُذْرِهِ, وَالتَّصْرِيحُ بِنَحْوِهِ مِنْ زِيَادَتِهِ (وَيَلْزَمُهُ قَضَاءُ الصَّلَوَاتِ) الْفَائِتَةِ (مُدَّةَ السُّكْرِ) كَالْمُغْمَى عَلَيْهِ (بِخِلَافِ الْعَالِمِ) بِذَلِكَ لِتَعَدِّيهِ (وَإِنْ عَلِمَ التَّحْرِيمَ وَجَهِلَ وُجُوبَ الْحَدِّ أَوْ كَوْنَهُ مُسْكِرًا لِقِلَّتِهِ حُدَّ) ; لِأَنَّهُ إذَا عَلِمَ التَّحْرِيمَ فَحَقُّهُ أَنْ يَمْتَنِعَ   روض الطالب

Obat Gatal Terbaik Untuk Keluhan Masalah Kulit dan Herpes

Iya dari PT Bharata Internasional sudah memproduksi obat untuk mengatasi permasalahan kulit. Termasuk untuk mengobati keluhan penyakit herpes, gatal menahun, eksim dan lain sebagainya.

Jangan khawatir untuk Produk Demaxio Bharata sudah teruji HALAL. Selain itu juga sudah lolos uji BPOM dan terbukti berkhasiat untuk mengatasi semua masalah kulit yang disebutkan di atas.

Penjelasan seputar Demaxio Bharata sudah lengkap dalam Video Berikut ini.