Modern technology gives us many things.

Dari Bahan Bekas, Rumah Botol Ridwan Kamil Hemat Energi

Kang Emil itu panggilan warga Bandung. Nama aslinya adalah Ridwan Kamil. Menjadi arsitek internasional sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat.

Buktinya, rumah pribadi yang ia rancang pernah dianugerahi Green Design Award oleh Building Construction Indonesia (BCI).

Rumah pribadinya ini terkenal dengan nama rumah botol. Sesuai namanya, rumah ini disusun menggunakan puluhan ribu botol minuman energi bekas.

Penasaran seperti apa karya arsitek ternama yang menjadi Gubernur Jawa Barat ini?

1. Dibalut 30 ribu botol bekas

Rumah cantik yang berada di Jalan Cigadung Selatan, Bandung ini disusun pada lahan dengan luas 373 meter persegi. Menyusun 30 ribu botol tidaklah segampang yang kamu bayangkan dan memerlukan waktu yang lama.

 Dari Bahan Bekas, Rumah Botol Ridwan Kamil Hemat Energi
Susunan Tiap Botolnya tetap cantik
Buat pengumpulan botol bekasnya aja, Ridwan Kamilini membutuhkan waktu hingga enam bulan. Hunian yang dibangun sejak tahun 2005 tersebut rampung dalam hingga dua tahun.

Dalam peletakannya, jarak tiap botol membutuhkan jarak sekitar 80 sentimeter. Lalu pada sela-sela botol diisi lem kaca. Untuk mencegah air masuk, botol ditutup memakai kayu yang dipererat memakai lem.

Namun untuk perawatannya ternyata malah simpel dibandingkan menggunakan material yang lain. Menurut kang Emil, buat membersihkannya, bagian luar botol cuma perlu dilap atau disemprot memakai air biasa untuk tiga bulan sekali.

Comments are closed.