Modern technology gives us many things.

Cek Apakah Kamu Berhak Mendapatkan PKH Berikut ini Kriterianya

PKH atau Program keluarga harapan menjadi naik daun dalam pencarian google, mungkin karena pandemi yang telah melanda dunia, termasuk Indonesia. Program yang telah ada sejak 2007 silam, menjadi sangat dibutuhkan saat ini menyusul banyaknya orang yang dirumahkan. Uluran bantuan dari para dermawan sangat bermanfaat untuk siapapun. Untuk mendapatkan PKH, haruslah memiliki beberapa kriteria yang sudah ditetapkan pemerintah.

Bertujuan Menurunkan Angka Kemiskinan

Sejak dirilis PKH memang bertujuan unutk menyejahterakan atau memutuskan angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Langkah konkrit yang dilakukan pemerintah Indonesia demi memutusk angka kemiskinan dimulai dengan pembinaan dan pemberdayaan kualitas manusia. Memperbaiki perilaku yang tidak berkaitan dengan kesejahteraan. Program ini tentu program jangka panjang. Sementara untuk jangka pendek menengah bertujuan membantu keluarga yang miskin untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan pokok. Diantaranya adalah dengan sistem CCT (Conditional Cash Transfers) atau lebih enak dikenal sebagai bantuan langsung tunai atau BLT bersyarat.

Menyasar Masyarakat yang Sangat Miskin

RTSM atau Rumah Tangga Sangat Miskin adalah prioritas utama untuk penerima PKH atau program keluarga harapan. Bantuan yang diberikan merupakan bantuan yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat miskin tersebut. Tujuan dari bantuan ini yaitu membantu perekonomian masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Sistem CCT atau Conditional Cash Transfers sangath berhasil di berbagai negara yang telah menerapkan sistem ini terlebih dahulu.

Kriteria PKH selain Miskin

Ternyata penerima PKH ini juga diberikan untuk wanita yang sedang hamil, nifas atau menyusui. Keluarga yang memiliki anak dengan usia 5-7 tahun dan belum memasuki jenjang pendidikan dasar. Atau memiliki anak yang telah dan sedang menjalani pendidikan dasar SD – SMP dan berusia diantara 15-18 tahun.

Peserta PKH akan dikontrol absensi kehadirannya di sekolah. Biasanya akan ada petugas yang memeriksa absen dari siswa penerima PKH. Selain itu peserta PKH juga harus memperhatikan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat.

4 Hak yang Dimiliki Pemegang Kartu PKH

Pemegang kartu PKH memiliki 4 macam hak yang diprioritaskan, keempatnya diperhatikan oleh pemerintah.

Bantuan Langsung Tunai

Bantuan langsung tunai atau uang tunai diterima oleh pemegang kartu PKH. Saat ini bantuan PKH diterimakan di setiap kecamatan melalui salah satu penyalur resmi dana PKH yaitu Bank BNI (Bank Negara Indonesia). Maka tak heran kamu akan menemukan kerumunan orang ketika BLT ini turun. Antrian ATM Bank BNI akan mengular panjang sekali. Bantuan Langsung berupa uang tunai ini mampu menurunkan angka kemiskinan di berbagai negara. Karena efektivitas inilah lalu diadopsi oleh pemerintah Indonesia yang ingin mengentaskan pkemiskinan di Indonesia.

Program PKH ini sesuai dengan Nawacita,

Jaminan Kesehatan Ibu Hamil, Menyusui dan Ibu Melahirkan

Pemerintah sangat serius memperhatikan kesehatan ibu hamil, menyusui dan melahirkan. Ibu merupakan tiang negara. Saat ibu ibu mendapatkan perhatian maka akan tumbuh generasi yang lebih sehat dan membanggakan.

Jaminan Pendidikan Untuk Anak Usia 5-7 tahun atau 15-18 tahun yang masih Sekolah Dasar

Pendidikan Dasar Indonesia sudah mulai masuk ke 12 tahun pendidikan dasar. Tetapi terkadang anak yang terpengaruh disabilitas masih harus mengikuti pendidikan dasar. Hal ini menjadi salah satu perhatian pemerintah diantaranya dengan pemberian kartu PKH.

Jaminan Kesejahteraan Sosial

Setiap penerima kartu PKH mendapatkan hak untuk memperoleh kesejahteraan sosial. Kesejahteraan sosial seperti yang sudah disebutkan di atas adalah dengan perubahan sikap dan perilaku masyarakat Indonesia.

Apa sajakah Kewajiban Penerima PKH

Comments are closed.