Modern technology gives us many things.

8 Cara Pencegahan Virus Corona Tidak Berlebihan tidak Ribet

Virus Corona atau dikenal dengan Covid19 memang bisa disembuhkan, tetapi yang menakutkan sebenarnya adalah persebarannya yang cepat dan berlangsung sebentar saja. Jadi banyak beredar di media kalau ada orang yang terkena Covid dan sudah masuk ruang perawatan khusus maka hal itu menjadi pertanda bahwa hari itu adalah hari terakhirnya bertemu dengan orang yang dicintainya.

Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab masih ada kemungkinan orang yang terkena virus corona untuk disembuhkan.

Pencegahan virus COVID19 di rumah juga bisa dilakukan secara sederhana. Tidak harus ribet harus menggunakan desinfektan lah atau apa lah. Kita bisa melakukan langkah pencegahan dengan cara sederhana saja.

Cara Pencegahan Virus Corona

Perpindahan virus ini bukanlah air bone (tidak menyebar melalui udara) jadi bisa diatasi dengan cara sederhana berikut ini.

Sering-Sering Mencuci Tangan

Penyebaran virus dan penyakit paling banyak melalui pertemuan tangan. Jadi penyakit biasanya tersebar melalui jabat tangan dan lain sebagainya. Mencuci tangan bisa membuat virus, bakteri mati sehingga tidak sempat menyebarkan penyakit.
Kapan anda mencuci tangan? Mencuci tangan sering maksudnya jika anda baru saja menyentuh benda yang berasal dari orang lain. Misalnya sehabis salaman, sehabis menyentuh uang yang diberikan orang lain. Sehabis menerima paketan.

Hindari Menyentuh Area Wajah

Setelah tangan bertemu dengan orang lain, atau sehabis menerima paketan jangan langsung menyentuh area wajah. Jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu.

Cara Pencegahan Covid19

Selain itu jika kamu sedang pilek, atau flu, batuk dan lain sebaiknya usahakan jangan sering menyentuh area wajah. Yang dimaksud wajah adalah hidung, mata, mulut, hidung. Walaupun, virus corona tidak menyebar melalui mata, tetapi tetap saja jangan menyentuh bagian mata terlebih dahulu atau terlalu sering ketika kamu sedang mengalami sakit yang sudah disebutkan di atas.Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan
Persebaran virus covid 19 melalui sentuhan saja, bukan karena aerbone (bisa kebawa angin) jadi kita harus membatasi jabat tangan atau menyentuh barang yang dicurigai mengandung virus covid 19. Terlebih dari jabat tangan yaitu pelukan. Walaupun dia sahabat terbaik mu tetap saja jangan berpelukan.

Jangan Berbagi Barang Pribadi

Berbagi barang pribadi bukanlah hal yang baik di tengah terjadinya wabah covid19 seperti ini. Karena sangat rentan terjadinya persebaran virus. Terlebih belum bisa dipastikan berapa lama virus covid bisa bertahan hidup yang menempel pada benda.

Etika ketika Bersin dan Batuk

Bersin dan batuk memang harus beretika, diantaranya adalah jangan menghadapkan bersin ke orang. Selain itu sebaiknya bersin ditutupi, bukan dicegah, tetapi ditutup agar tidak menyebar anginnya ke semua arah. Jika kita bersin dalam menyikapi covid19 maka sekarang ditutup menggunakan lengan. Tidak menggunakan tangan.

Bersin untuk corona

Kenapa tidak menggunakan tangan? Sebab, tangan rawan sekali menyentuh wajah yang bisa menjadi jalan untuk persebaran virus corona. Virus corona bisa dilontarkan ketika bersin atau batuk. Bukan berarti virus ini aerbone, tetapi ketika dilemparkan melalui bersin atau batuk maka virus ini bisa menyebar melalui partikel air yang terbawa bersama bersin.

Setelah bersin, sebaiknya langsung cuci tangan atau jangan menyentuh bagian muka terlebih dahulu.

Bersihkan Peralatan di Rumah

Membersihkan perabotan di rumah juga penting. Hal ini bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh kita. Selain itu pembersihan alat di rumah sangat baik untuk menghindari perpindahan virus atau bakteri jahat.

Gunakan desinfektan pada tempat yang perlu disemprot, misalnya tempat yang perlu dibersihkan. Misalnya gagang pintu, atau tempat yang rawan disentuh orang lain. Orang lain yang dimaksud adalah orang yang baru keluar rumah dan di sana bertemu dengan orang lain juga.
Penggunaan desinfektan juga tidak perlu disemprotkan, karena bisa terbawa udara. Kecuali jika anda menggunakan masker ketika menyemprotkan desinfektan. Kamu bisa mengelapnya pada bagian rawan atau sering dipegang orang yang baru keluar rumah.

Jaga Jarak Dengan orang lain.

Kontak fisik menjadi salah satu alasan tersebarnya virus corona. Jadi kita harus menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini digaungkan oleh pemerintah dengan istilah physical distancing (jaga jarak fisik).

Physical distancing ini bisa dilakukan dengan cara sederhana misalnya dengan jarak 2 langkah dari kita. Hal sederhana ini sudah termasuk dalam kategori physical distancing.

Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak

Sekarang polisi sudah sering berpatroli, kalau dulu patroli kendaraan, sekarang polisi berpatroli membubarkan kerumunan. Kita tentu tidak ingin menyepelekan hal ini. Seperti yang terjadi di italia. Setiap hari tidak kurang dari 450 nyawa melayang sia sia. Hanya karena tidak mengindahkan “berkumpul dalam jumlah banyak”. Mereka menganggap virus ini bukanlah hal yang berbahaya.

Maka dari itulah pemerintah tegas untuk melarang perkumpulan dalam hal apapun yang bisa menyebabkan persebaran virus Corona ini dengan mudah tersebar.

Demikian cara pencegahan sederhana dan gratis untuk bisa dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona. Sebarkan jika menurut anda hal ini bermanfaat.

Comments are closed.