Modern technology gives us many things.

4 Cara Mengolah Bawang Putih untuk Obat Stroke, Dijamin Enak

Bawang putih yang merupakan bahan dapur ini ternyata bisa digunakan sebagai obat stroke. Lantas bagaimana cara mengolah bawang putih untuk obat stroke itu? 

Salah satu obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam penyakit adalah bawang putih. Bahan dapur satu ini bahkan sudah digunakan sejak zaman dahulu seperti untuk pengobatan maupun untuk hal-hal mistis lainnya. 

Beberapa penyakit berat dan berbahaya seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, maupun stroke bisa diminimalisir dengan bawang putih. Penasaran dengan manfaat dari bawang kecil ini? Yuk kita bahas!

Manfaat Bawang Putih

1. Mengobati Jerawat

Percaya atau tidak, ternyata bawang putih terbukti dapat mengobati jerawat. Hal ini tentunya karena kandungan dari selenium, allicin, vitamin C, tembaga, dan seng yang ada pada bawang tersebut. 

Bahan-bahan di atas sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit, terlebih seng. Seng memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi sebum, dan sebum merupakan penyebab utama dari jerawat. 

Selain itu, kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalam bawang juga dapat melemaskan kulit. Sehingga jerawat akan lebih mudah menyusut dan hilang. 

2. Mengatasi Permasalahan Rambut

Apa permasalahan yang paling sering terjadi di rambut? Tentu saja jawabannya adalah rambut rontok dan ketombe. 

Jika Anda telah mengganti sampo atau menggunakan perawatan lain untuk mengatasi kedua hal tersebut namun belum berhasil, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bawang putih. 

Kandungan allicin yang tinggi di dalam bawang putih disinyalir mampu mengobati rambut rontok. Hal ini tidak hanya omongan semata karena telah dibuktikan oleh para peneliti di Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology. 

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Semakin menjadi-jadi, bawang putih juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dijelaskan dalam buku Healing Foods. 

Di dalam buku tersebut disebutkan bahwa bawang putih mengandung antibiotik yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengobati pilek maupun batuk. Di India sendiri, minyak bawang putih sudah lama digunakan untuk mengobati infeksi atau demam. 

Kandungan lain seperti vitamin C, B1, B6, allicin, zat besi, serta fosfor yang berada di bawang tersebut dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dari minyak bawang putih. 

Baca juga: Cara memasak makanan untuk penderita stroke

4. Mengatasi Psoriasis

Salah satu hal yang mengejutkan dari bawang putih adalah selain mengobati jerawat juga dapat mengatasi psoriasis kulit. Manfaat tersebut didapatkan karena anti inflamasi yang ada di dalam bawang mampu untuk meredakan gejala psoriasis. 

Sama seperti membantu demam, Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih untuk psoriasis melalui minyak bawang putih. Cukup dengan mengoleskan minyak tersebut pada kulit yang bermasalah dan tunggu hingga bekerja. 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya dari bawang putih adalah mampu untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Manfaat ini diperoleh pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi daripada yang memiliki tekanan darah normal. 

Tekanan darah identik dengan stroke, sehingga jika bawang putih dapat menurunkan tekanan darah atau penyakit yang mengganggu peredaran darah, maka bawang putih juga dapat mengurangi risiko stroke. 


Cara Kerja bawang Putih pada Tekanan Darah

4 Cara Mengolah Bawang Putih untuk Obat Stroke, Dijamin Enak

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengolah bawang putih untuk obat stroke, Anda perlu tahu dahulu bagaimana cara kerja bawang putih itu sendiri. Allicin yang merupakan senyawa aktif di bawang putih dianggap sebagai kandungan yang mampu menurunkan tekanan darah. 

Seperti yang kita ketahui, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih berisiko untuk terkena stroke. Hal ini karena terdapat tekanan pada pembuluh darah dan akhirnya pembuluh darah menjadi sempit. 

Jika hal tersebut terus terjadi, maka stroke akan datang karena terdapat gumpalan maupun penyempitan arteri yang mengganggu pasokan darah ke otak. Hasilnya adalah salah satu bagian tubuh seseorang mengalami kelemahan dan ini merupakan ciri-ciri stroke pada usia muda dan lanjut yang sering terjadi. 

Allicin yang ada di dalam bawang dapat mencegah produksi angiotensin II. Senyawa ini merupakan senyawa yang berperan penting dalam meningkatkan tekanan darah serta membuat pembuluh darah Anda tegang maupun kontraksi. 

Tentunya dengan mencegah produksi angiotensin II, darah Anda akan bisa berjalan dengan lancar sehingga tidak terjadi kekurangan pasokan darah ke otak. Tidak hanya memengaruhi angiotensin II, allicin juga dapat meningkatkan produksi hidrogen sulfida dan oksida nitrat. 

Kedua senyawa tersebut adalah senyawa yang mengatur tingkat tekanan darah. Dari konsep inilah maka para peneliti menganggap bahwa bawang putih mampu menjadi obat penurun tekanan darah tinggi serta berpengaruh terhadap stroke. 

Cara Mudah Mengolah Bawang Putih untuk Obat Stroke

Tapi bukankah rasa dari bawang putih itu sendiri tidak enak? Terkait rasa, semua itu tergantung selera. Sebagian orang mengatakan bahwa bawang putih tidak enak, namun sebagian lagi mengatakan bahwa bawang putih itu enak. 

Jika Anda penderita stroke, maka yang Anda butuhkan adalah bagaimana cara mengolah bawang putih untuk obat stroke yang enak. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsinya tanpa merasa menderita. 

Nah, berikut 4 cara mengolah bawang putih untuk obat stroke dan dijamin bisa membuat bawang putih menjadi lebih enak. 

Rebus

Cara mengolah bawang putih yang pertama adalah dengan merebusnya. Anda bisa mengupas dan memisahkan antara bawang putih dengan kulitnya. 

Setelah itu rebus bawang namun tidak perlu terlalu lama sehingga kandungan yang ada pada bawang tidak terlalu banyak hilang. Selanjutnya adalah gunakan blender untuk menghaluskan bawang, namun pastikan jangan terlalu cair. 

Karena sudah matang, maka bawang tersebut dapat langsung Anda konsumsi. Demi mendapatkan rasa yang lebih, tidak ada salahnya untuk menambahkan bawang goreng. Lalu campurkan saja bawang halus yang telah Anda buat ke dalam makanan yang ingin dikonsumsi. 

Mengukus 

Jika Anda tidak ingin ribet dalam mengonsumsi bawang putih, maka cara simpel untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengukus bawang itu. Cukup dengan mengukus satu siung saja, Anda bisa mengonsumsinya untuk satu kali makan. 

Jus 

Aneh bukan? Bagi Anda yang belum pernah merasakannya mungkin aneh, namun ternyata tidak jarang orang menjadikan bawang putih sebagai jus. 

Cara ini merupakan cara mengolah bawang putih untuk obat stroke herbal selanjutnya jika Anda bosan memakan bawang putih. Tentunya tidak hanya bawang putih saja yang diblender, Anda membutuhkan daun seledri dan juga air. Rasa dari daun seledri akan berkolaborasi dengan rasa bawang putih sehingga jus ini dapat diminum. 

Nah, bagi Anda yang mengonsumsi jus ini, Anda cukup mengonsumsi satu kali saja sehari. Namun gunakanlah dua siung bawang putih untuk setiap jus yang dibuat ya. 

Seduh

Cara mudah selanjutnya untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih adalah dengan menyeduhnya. Sudah banyak sekali bawang putih halus yang ada di pasaran. Anda bisa memanfaatkannya dengan menyeduh bersama air hangat. 

Minumlah larutan tersebut sebelum tidur, dan dapatkan manfaat dari bawang putih itu sendiri. 

Bagaimana, mudah bukan? Itulah dia cara mengolah bawang putih untuk obat stroke yang mudah untuk Anda. Sebelum melakukannya, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter karena dokter bisa menentukan dosis yang tepat untuk Anda. 

Comments are closed.