Modern technology gives us many things.

Cara Mendaftar COD JNE Pengalaman Pribadi

Cara Mendaftar COD JNE. Pembayaran sistem COD (Cash on Delivery)/ Bayar di tempat. Banyak diminati oleh customer. Terlebih sistem COD JNE terbilang lebih unik. Karena pembayaran ongkos kirim tetap dibayar di muka. Jadi bisa dibilang pengiriman tetap dibayar oleh penjual. Tetapi hal inilah yang menyenangkan karena jaminan barang dikirimkan lebih besar. Nanti akan kita kupas bagaimana langkat mengajukan COD pakai JNE.

Kelebihan Pembayaran COD pakai JNE

JNE sudah memiliki reputasi yang baik. Mulai dari pengiriman yang cepat dan harga yang bersaing. Untuk COD JNE juga memiliki kelebihan diantaranya yaitu peluang terkirimnya barang lebih besar. Sebab kurir sudah dibayar oleh pengirim. Peluang penolakan barang yaitu jika pemesan barang tidak bersungguh sungguh memesan barang.

Melayani Hampir seluruh wilayah Indonesia.

Iya JNE jangkauannya sudah sampai pelosok negeri. Walaupun masih ada beberapa daerah yang saat ini belum dijangkau JNE misalnya NTT (Nusa Tenggara Timur). Tetapi tidak mengurangi pelayanan prima untuk JNE.

Kekurangan COD pakai JNE

Ya tidak adil jika kita tidak menyertakan kekurangannya juga. Kekurangan JNE salah satunya terletak pada tarif yang mahal. Khususnya untuk luar pulau JAWA. Misalnya dari JAWA kirim ke Kalimantan. Perbedaan ongkos kirimnya sangat terasa. Tetapi sesama pulau Jawa. JNE merupakan pilihan terbaik untuk COD.

Ongkos Return Ditanggung Pengirim

Ya tentu hal ini wajar saja. Bukan kekurangan kalau menurut saya. Sebagai pengirim, tentu kamu harus memastikan calon customer benar benar ingin membeli barang yang kamu tawarkan. Kamu tentu harus siap dengan resiko ini. Dari 100 Customer paling hanya 2 orang yang return. Resiko seperti ini sudah biasa terjadi. Mau lanjut? Atau mundur teratur?

Ada biaya COD dan Pencairan Uang Lama

Bagi UMKM pencairan uang sangat dinantikan. Perputaran uang sangatlah berharga. Dengan modal pas pasan akan sangat berarti jika perputaran uang cukup cepat. Pencarian uang COD JNE cuckup lama yaitu 14 hari setelah barang resmi terikirim. Sebagai gambaran kamu mengirim barang. misalkan sesama pulau jawa berkisar 3 hari. Setelah barang terkirim baru dihitung 1 dari 14 hari yang harus kamu tunggu.

Jadi jika pengiriman terkirim 3 hari maka kamu harus menunggu 17 hari sejak transaksi terjadi. Jika waktu pengiriman 14 hari maka harus menunggu 28 hari uang bisa dicairkan. Perputaran uang tidak bisa cepat menjadi salah satu masalah yang mungkin harus segera terpecahkan untuk JNE.

Biaya COD juga dikenakan untuk setiap transaksi yang berhasil. Nah besarnya biaya COD ini saya kurang tahu hitungan pasnya. Tetapi kamu bisa bertanya kepada CS Jne di jne.co.id

Syarat Pengajuan COD JNE

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mengajukan COD JNE. Akan kita kupas satu persatu. Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi.

  • Foto kopi KTP (Kartu identitas)
  • Foto kopi NPWP
  • Foto kopi buku rekening yang tertulis nomor rekening
  • Foto kopi JLC (JNE Loyality Card)

Untuk foto kopi KTP tentu bukan syarat yang sulit. Seharusnya untuk syarat ini bisa dilewati dengan mudah ya. Apakah sudah terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia? Jika belum segera buatlah KTP anda.

Buat foto kopi NPWP juga bukan syarat yang sulit. Kamu bisa membuat NPWP secara online. Terlebih saat pandemi seperti ini pembuatan NPWP secara online juga sangatlah mudah. Kamu tidak dikenakan biaya apapun untuk pembuatan NPWP. Tapi tagihan mungkin akan dikirimkan tiap tahun untuk anda. Tapi jika anda ingin menjadi pengusaha ya buat-lah NPWP. Penghasilan anda akan jauh lebih berlipat jika anda membuat COD JNE.
Daftar online di sini https://ereg.pajak.go.id/login;eregsid=ckX-GgOw+l9d+Jj39J13nj2m

Foto kopi buku rekening juga menjadi hal yang wajib kamu miliki. Buku rekening untuk pencairan uang COD. Nanti setelah terkirim 1 minggu baru uang akan dikirimkan ke nomor rekening kamu. Atau kalau tidak punya rekening boleh pakai rekening saya kok. Ngga papa. DM aja kalau minat 😀 😀

JLC juga bisa didaftarkan secara online. Kartu JLC digunakan sebagai syarat kamu sebagai pelanggan JNE. Untuk mendaftar bisa langsung melalui link berikut ini.
https://jlc.jne.co.id/daftar
Langsung diisi saja sesuai dengan permintaan. Nanti kalau selesai tinggal di print saja kartu JLC nya. Setelah di print bisa langsung digunakan sebagai persyaratan COD. Cukup dicatat saja nomornya karena nanti diperlukan untuk berbagai keperluan.

Cara Mendaftar COD JNE

Kalau persyaratan di atas sudah dipenuhi kamu bisa langsung ke JNE untuk meminta formulir COD. Kamu cukup mendatangi JNE terdekat. Kamu nanti disuruh mengisi formulir pendaftaran COD. Siapkan materai 6000. Jika data sudah terisi semua kamu bisa menunggu proses pengaktifan akun.

Jika kamu sudah mendapatkan username dan pasword kamu bisa login ke alamat yang ditentukan.

Berikut ini contoh dasboard pengiriman menggunakan COD JNE.

Cara Mendaftar COD JNE

Kamu bisa memilih order manually. Mengirim datanya dengan benar sebelum kamu proses. Jangan lupa masukkan nilai COD yang kamu inginkan. Karena biaya inilah yang akan masuk rekening kita.

Comments are closed.