Modern technology gives us many things.

Cara Cek Penerima Bansos di SIKS-NG Menggunakan NIK Saja

Penerima Bansos bisa langsung mengecek bantuan sosial yang kemungkinan diterima. Bantuan apa sajakah yang diterima, bisa langsung di cek menggunakan NIK saja. Untuk cara pengecekan bisa menggunakan website atau situs. Untuk cara cek apakah kamu berhak mendapatkan bantuan sosial (Bansos) sebenarnya sangat mudah. Sekarang bantuan sosial bisa dengan mudah di cek oleh siapapun secara terbuka dan transparan. Aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengecekan bantuan sosial adalah SIKS – NG. Aplikasi keren dari Kemensos merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation.

Situs resmi yang diluncurkan Kementrian Sosial ini mampu mengecek data penerima sosial dengan dua cara yaitu, menggunakan NIK dan menggunakan DTKS / BDT.

Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) terdiri atas beberapa komponen yaitu pengumpulan, pengolahan, penyajian dan penyimpanan data kesejahteraan sosial dengan proses pendataan berjenjang dan berkesinambungan. Aplikasi ini bertujuan untuk validasi data berbagai program bantuan sosial kesejahteraan yang tepat sasaran, sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), data kemiskinan yang telah divalidasi dan diverifikasi oleh Pemerintah daerah.

Baca : Ikan yang Menjadi Saksi Pertemuan Musa dan Khidir ALaihimassalam/

Aplikasi SIKS ini berbentuk situs yang bisa langsung diakses tanpa harus diinstal. Untuk mengecek data apakah kamu terdaftar sebagai penerima bansos dan bantuan apa saja yang berhak diterimakan bisa langsung cek pada link berikut ini.

Ada 5 hal yang harus kamu isi dalam situs tersebut. Yang pertama kamu harus mengisi ID. Id atau lebih mudah disebut identitas kamu bisa memilih NIK (Nomor Induk Kewarganegaraan) saja. Pada menu bawahnya kamu isi NIK tersebut. Yang ketiga isilah dengan nama sesuai dengan KTP.

Comments are closed.