Modern technology gives us many things.

Cara Agar Jambu Air Cepat Berbuah Lebat

Jambu air adalah varian buah yang sangat disenangi masyarakat Indonesia. Mempunyai rasa manis seperti madu, dan segar dimakan kapan saja tanpa khawatir perut sakit. Tanaman ini cocok ditanam di sekitar kita yang ada di Indonesia. Teknik penanaman jambu air ini tidak hanya membahas Jambu Air Deli saja, tetapi bisa juga untuk jambu air citra, jambu dalhari, jambu air king rose, jambu madu super green dan berbagai jambu air yang telah dikenal oleh penduduk

{Awalnya bisa saja |Mungkin pada mulanya anda berminat untuk menanam jambu air untuk mengisi tempat kosong milik kamu karena senang tanaman jambu milik teman anda yang berbuah banyak bahkan meskipun pohonnya baru belum lama ditanam atau melihat postingan teman yang berhasil memetik jambu air di pot miliknya. Lantas berikutnya kamu tertarik pada bibit jambu air madu yang akan anda tanam di pot atau pekarangan rumah.

Menanam jambu air faktanya tidaklah semudah menikmati seperti yang ditanam oleh orang lain. Memerlukan waktu, trial and error, ujicoba, gagal, mencoba lagi, berulang kali.

Begitu banyak faktor yang membuat pertumbuhan tanaman jambu air.

Berikut ini beberapa faktor mendasar yang perlu dilihat agar tanaman jambu air bisa tumbuh dengan baik.

  1. Usia tanaman
  2. Media tanam
  3. Pemupukan
  4. Sinar matahari

Cara Penyiraman tanaman
Sebaiknya penyiraman memakai sistem fertigasi tetes. Selain menghemat air, hemat tenaga, juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Pemupukan bisa diagendakan seminggu sekali memakai pupuk farmpion biru/yang lain misalnya pupuk kompos.
Sebaiknya buah jambu air madu dibungkus menggunakan bungkus buah heigrow.

Penyebab Bunga Jambu Rontok dan Cara Menanggulanginya.
Pohon akan sulit berbuah jika kurang subur, walaupun bisa menghasilkan buah maka akan cepat rontok dan tidak dapat dipetik sempurna.

Cara Mengatasi Bakal buah Jambu yang Mudah Rontok
Usahakan supaya keadaan tanah/media tanam (lembab dengan becek/tergenang air itu beda).
Masukkan pupuk yang dibutuhkan pada tahapan itu (melihat kondisi tanaman sedang berbunga atau berbuah).

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, saat tanaman jambu anda selesai berbuah dan telah dipetik, jangan lantas diabaikan tanamannya. Kerjakan hal-hal di bawah ini untuk hasil yang lebih menghasilkan dan bagus pada periode panen berikutnya.

Dangir tanah di samping pohon menggunakan garpu.
Beri pupuk NPK (16:16:16) 1/4-1/2 kg/pohon.
Beri pupuk kandang satu karung ukuran beras 25 kg.
Pangkas ranting agar pembentukan tajuk yang lebih banyak.

Ciri Bibit Jambu Air Deli yang Baik
Pilihlah dari setek-an atau cangkokan
Memakai indukan dari stek atau cangkok harus dilakukan supaya kita tidak wajib menunggu terlalu lama agar tanaman Jambu Air ketika berbuah. Jika kawan membudidayakan Jambu Air Deli dari biji maka akan sangat menghabiskan waktu untuk ditunggu sampai tua.
Pilih bibit yang baik dan bebas penyakit
Indukan yang baik dan terbebas dari penyakit sangat menentukan hasil panen yang nantinya kita petik. Jika kita memiliki pohon dengan banyak penyakit jadinya berakibat hasil tanaman akan kurang memuaskan.
Pilih indukan yang unggul dan berkualitas
Jika kita sudah memakai sistem cangkok sebagai pilihan, maka wajib memilih indukan yang baik terlebih dahulu. Karena sifatnya akan sama persis dengan indukanjambu air yang kita ambil.

Comments are closed.