Modern technology gives us many things.

Besarnya Gaji Guru Honorer bikin Dompet Ikut Nangis Ini Kata Didi

Guru honorer menuntut pemerintah agar mau menghitung nasib mereka. Salah satunya tentang besaran upah bulan yang diterima selama ini.

Ketua PB PGRI, Didi Suprijadi mengungkapkan, tingginya upah yang diterima oleh guru honorer dan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) jauh berbeda. Sebagai gambaran, guru PNS di DKI Jakarta dapat membawa pulang uang hingga Rp 15 juta per bulan.‎

 
Besarnya Gaji Guru Honorer bikin Dompet Ikut Nangis Ini Kata Didi

“Gaji guru di Jakarta dapat tembus Rp 15 juta, pendapatan seluruhnya. Jadi upah pokok Rp 5 juta untuk golongan 4. Lalu ditambah dana sertifikasi sebesar satu kali upah. Ditambah lagi TKD tunjangan kinerja daerah rata-rata Rp 7 juta, terlebih kepala sekolah malah bisa Rp 18 juta,” ujar dia dilansir dari Liputan6.com di Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Namun, lanjut Didi, perolehan yang besar itu cuma dinikmati oleh guru berstatus PNS, yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan guru honorer.‎

Nasib miris dialami guru honorer tidak seberuntung guru PNS. Guru honorer, khususnya di daerah cuma memperoleh gaji rata-rata Rp 500 ribu tiap bulan. Bahkan jauh dari nilai UMP tiap daerah.

“(Upah sesuai dengan UMP) Selayaknya. Guru ini kan penentu kemajuan bangsa. Oleh karena itu sejahterakan gurunya. Anggaran (pendidikan) 20 persen (dari APBN) itu tadinya untuk guru, tidak untuk fungsi pendidikan lain,”

Lihat penjelasan Kemdikbud

3 Ciri Guru Profesional Menurut Mendikbud
Muhadjir Menteri Pendidikan menyebutkan, seharusnya ada tiga ciri guru profesional yang harus dipunyai oleh para guru saat ini. Yang pertama, seorang guru harus masuk kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik.

Guru harus saling membantu rekan sejawat

Kedua, guru juga baiknya bersama teman sejawat. Bersama teman sejawat, guru layaknya terus belajar, mengembangkan diri, dan meningkatkan kemampuan untuk menyelaraskan laju peningkatan zaman.

Yang ketiga, guru berinteraksi sosial. Kata Muhadjir, guru Indonesia adalah para ujung tombak pendidikan yang sebenarnya, yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa.

Lihat pengertian guru honorer selanjutnya

Pengertian Guru Hononer Menurut Kemdikbud
Muhadjir menjelaskan definisi honorer adalah guru pengganti untuk guru yang pensiun (guru pengganti pensiun). Selama ini upah yang dibayarkan untuk mereka diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

 
Besarnya Gaji Guru Honorer bikin Dompet Ikut Nangis Ini Kata Didi

Hal inilah, gaji yang diberikan tidak layak karena, menurut peraturan, juga dibatasi jadi bisa dipastikan, jika guru pengganti tidak memperoleh tambahan dari pemerintah daerah setempat, gaji yang akan diupahkan kecil.

“Oleh karena itu kita mengupayakan tahun depan status honor guru pengganti pensiun (honorer) itu seharusnya sama dengan upah minimum regional (UMR) masing-masing,” tukas Muhadjir.

Comments are closed.